PEMBERLAKUAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI DAN KEAMANAN
- Ketentuan-ketentuan privasi dan kemanan, syarat dan ketentuan sebagaimana telah menjadi kebijakan Perusahaan yang tersedia dalam website dan atau fasilitas Danadira menjadi hukum yang berlaku dan mengikat bagi Pengguna (User) dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisah dari Syarat dan Ketentuan ini.
- Bahasa yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah Bahasa Indonesia, dan apabila Syarat dan Ketentuan ini diterjemahkan ke dalam bahasa asing lainnya maka penafsiran dan pengertian mengenai isi Syarat dan Ketentuan tetap menggunakan dan mengacu kepada Bahasa Indonesia.
- Syarat dan Ketentuan ini dibuat/disusun serta dilaksanakan dari dan penafsiran atas Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
- Kebijakan privasi adalah ketentuan yang mengatur akun Pengguna (User) dan informasi yang Pengguna (User) berikan kepada Perusahaan yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Ikhtisar
- Informasi Transaksi
- Korespondensi Customer Service
- Pengguna (User) dan Pengungkapan Informasi
- Pembatasan Informasi untuk Pelanggan Lainnya
- Pembatasan Informasi kepada pihak ketiga selain pelanggan
- Kontak Pelanggan
– Ikhtisar
- Dalam rangka memberikan layanan terbaik dan menghindari penipuan, Perusahaan berhak meminta Pengguna (User) untuk memberikan informasi pribadi termasuk namun tidak terbatas pada Device OS, Device Brand, Device Model, Device Name, IP Address dan data rekening bank Pengguna (User). Kebijakan privasi ini menggambarkan dan/atau menjelaskan informasi yang Perusahaan kumpulkan dan bagaimana Perusahaan menggunakan informasi tersebut.
- Perusahaan menghargai privasi informasi pribadi Pengguna (User) dan akan menggunakan informasi Pengguna (User) hanya sesuai dengan ketentuan Kebijakan ini. Perusahaan tidak akan menjual atau menyewakan data pribadi Pengguna (User) atau daftar pelanggan Perusahaan kepada pihak ketiga. Namun seperti yang akan dijelaskan lebih rinci dalam bagian dibawah (Penggunaan dan Pengungkapan Informasi), ada keadaan terbatas dimana informasi Pengguna (User) akan digunakan bersama dengan pihak ketiga, dibawah pengawasan ketat, sehingga sangat penting bagi Pengguna (User) untuk meninjau ulang Kebijakan ini. Kebijakan ini berlaku untuk semua layanan yang disediakan di dalam Danadira. Dengan menerima Kebijakan dan Syarat dan Ketentuan Danadira di dalam pendaftaran (registrasi), Pengguna (User) menyatakan setuju dengan Penggunaan dan Pengungkapan Informasi pribadi Pengguna (User) sesuai yang dijelaskan dalam Kebijakan. Kebijakan ini dimasukkan ke dalam dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Danadira.
- Perusahaan menjamin akan menyimpan dan/atau mengirimkan informasi pribadi Pengguna (User) didalam lingkungan yang aman dan rahasia. Jika Pengguna (User) merasa keberatan dengan informasi pribadi Pengguna (User) yang akan diperalihkan dan/atau dialihkan sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan ini, mohon jangan mendaftar untuk fasilitas Danadira.
– Informasi Transaksi
- Bila Pengguna (User) menggunakan Danadira untuk mengirim uang ke Pengguna (User) lain atau permintaan uang dari Pengguna (User) lain, Perusahaan akan meminta Pengguna (User) untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan masing-masing transaksi termasuk jumlah transaksi dan alamat email dari pihak ke tiga.
- Perusahaan akan menyimpan informasi ini untuk setiap transaksi Pengguna (User) yang dilakukan melalui Danadira. Perusahaan juga mengumpulkan IP Address setiap komputer atau perangkat yang Pengguna (User) gunakan utuk mengakses akun Danadira Pengguna (User), untuk membantu mendeteksi kemungkinan kasus transaksi-transaksi tidak sah. Perusahaan berhak memonitor traffic cash flow setiap akun Danadira yang mencurigakan dan menindak jika terjadi hal-hal diluar ketentuan yang ada (Kebijakan Privacy)
– Korespondensi Customer Service
- Jika Pengguna (User) mengirimkan koresponden kepada Perusahaan, Perusahaan berhak menyimpan koresponden tersebut dalam rangka untuk mengukur dan memperbaiki fasilitas Danadira, dan untuk menyelidiki potensi penipuan dan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini.
- Perusahaan, dimungkinkan, dari waktu ke waktu, menghapus catatan-catatan tersebut jika diijinkan oleh undang-undang.
– Penggunaan dan Pengungkapan Informasi
- Perusahaan mengumpulkan, menyimpan dan memproses informasi pribadi Pengguna (User) pada server Danadira.
- Perusahaan menggunakan informasi Pengguna (User) yang Perusahaan kumpulkan untuk menyediakan fasilitas dan memproses transaksi-transaksi, untuk layanan costumer service, untuk menentukan kelayakan Pengguna (User) untuk menerima penawaran produk-produk atau fitur-fitur khusus, serta untuk meningkatkan fasilitas Danadira.
- Perusahaan menggunakan informasi yang Pengguna (User) berikan untuk mengakses layanan tertentu dari pihak ketiga atas nama Pengguna (User) dan melakukan tindakan yang Pengguna (User) minta Perusahaan lakukan. Perusahaan memberikan akses pengenalan informasi individual Pengguna (User) hanya kepada karyawan yang membutuhkannya untuk memenuhi permintaan pelanggan.
– Pembatasan Informasi untuk Pelanggan Lainnya
- Jika Pengguna (User) adalah Pengguna (User) terdaftar, username, nama Pengguna (User), tanggal transaksi akan ditampilkan kepada pelanggan Perusahaan lain dimana Pengguna (User) melakukan transaksi pembayaran kepadanya atau mereka yang akan melakukan transaksi pembayaran kepada Pengguna (User) melalui aplikasi Danadira.
- Data akun Danadira dan informasi finansial lainnya tidak akan pernah diungkapkan kepada siapapun (mereka yang melakukan transaksi bayar dari / kepada Pengguna (User)) melalui aplikasi Danadira, kecuali jika Perusahaan diminta untuk melakukannya karena adanya surat perintah pengadilan atau proses hukum lainnya
– Pembatasan Informasi kepada Pihak Ketiga selain Pengguna (User)
- Perusahaan tidak akan menjual, menyewakan informasi pribadi Pengguna (User) kepada pihak-pihak ketiga. Perusahaan tidak akan membagi informasi pribadi Pengguna (User) kepada pihak ketiga kecuali dalam kondisi tertentu yang akan dijelaskan terlebih dahulu, atau dengan ijin Pengguna (User) (dan untuk Pengguna (User) lain seperti dijelaskan diatas). Pihak ketiga ini dibatasi oleh hukum atau dengan kontrak menggunakan informasi untuk tujuan sekunder diluar informasi tersebut dibagikan.
- Perusahaan membuka informasi yang Perusahaan kumpulkan, sebagaimana dijelaskan di atas, dengan perusahaan yang melakukan jasa pemasaran atas nama Perusahaan atau lembaga keuangan lainnya yang bekerja sama dengan Perusahaan dalam suatu perjanjian pemasaran. Perusahaan-perusahaan ini sebelumnya dikenakan perjanjian dengan Perusahaan dan pembatasan hukum lainnya yang melarang menggunakan informasi kecuali untuk tujuan memasarkan produk dan layanan pada fasilitas Danadira yang terkait, kecuali jika Pengguna (User) memberi persertujuan atau memberikan ijin untuk keperluan lainnya.
- Perusahaan berbagi informasi dengan itikad baik untuk bekerjasama dalam penyelidikan terkait dengan penipuan atau aktivitas legal lainnya, atau untuk penyelidikan terhadap pelanggaran Kebijakan & Aturan Perusahaan.
- Secara khusus, jika Perusahaan melakukan investigasi penipuan dan menyimpulkan bahwa ada satu pihak telah terlibat dalam praktek penipuan, Perusahaan dapat memberikan informasi kontak dan/atau identitas Pengguna (User), kepada pihak yang berwenang.
- Perusahaan membuka informasi untuk menanggapi sebuah surat perintah, panggilan pengadilan, perintah pengadilan, retribusi, lampuran, urutan penerima yang ditujuk pengadilan atau proses pengadilan lainnya yang sebanding, termasuk panggilan pengadilan dari pihak swasta dalam tindakan sipil.
- Perusahaan mengungkapkan informasi Pengguna (User) kepada agen atau perwakilan hukum Pengguna (User) (seperti pemegang surat kuasa yang Pengguna (User) tunjuk atau wali yang ditunjuk untuk Pengguna (User).
- Perusahaan berbagi data kepada mitra bisnis Perusahaan atau untuk public relation. Contohnya, Perusahaan dapat mengungkapkan jumlah dalam prosentasi tertentu Pengguna (User) Perusahaan yang tinggal di Jakarta. Namun, informasi ini tidak berkaitan dengan informasi pribadi.
- Perusahaan berbagi informasi dengan perusahaan utama Perusahaan, anak perusahaan dan joint venture untuk membantu mengkoordinasikan fasilitas yang Perusahaan berikan kepada Pengguna (User), pelaksanaan Syarat dan Ketentuan serta mempromosikan kepercayaan dan keamanan.
– Kontak dengan Pelanggan
- Perusahaan berkomunikasi dengan Pengguna (User) secara teratur melalui email untuk menyediakan layanan yang diminta, dan Perusahaan juga berkomunikasi melalui email atau telepon untuk menyelesaikan keluhan Pengguna (User) atau untuk menyelidiki transaksi mencurigakan.
- Perusahaan menggunakan alamat email Pengguna (User) untuk mengkonfirmasi pembukaan akun Danadira, untuk mengirimkan pemberitahuan pembayaran yang Pengguna (User) kirimkan atau terima melalui aplikasi Danadira, mengirimkan informasi mengenai perubahan penting pada fasilitas Danadira dan mengirimkan pemberitahuan dan informasi lainnya yang diminta oleh hukum.
- Perusahaan juga akan menggunakan alamat email Pengguna (User) untuk mengirimkan komunikasi dalam bentuk lain yang dapat Pengguna (User) kontrol termasuk didalamnya, tips, newsletter, customer survey, dan informasi khusus dari pihak ketiga. Sehubungan dengan audit independen atas laporan keuangan dan operasi Perusahaan, auditor mungkin akan mencari dan menghubungi Pengguna (User) untuk memastikan bahwa catatan Perusahaan akurat. Namun, auditor ini tidak dapat menggunakan informasi pribadi untuk tujuan-tujuan sekunder.
- Kebijakan keamanan meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Perusahaan menangani informasi Pengguna (User) dengan standar keamanan informasi tinggi.
- Perusahaan membatasi akses informasi pribadi Pengguna (User) hanya kepada karyawan yang memerlukannya dalam rangka untuk menyediakan fasilitas Danadira kepada Pengguna (User).
- Perusahaan menjaga keamanan fisik, elektronik dan prosedur pengamanan yang sesuai dengan peraturan pemerintah untuk menjaga informasi non-publik Pengguna (User). Keamanan akun Pengguna (User) juga bergantung pada perlindungan password Pengguna (User). Jangan memberikan password kepada orang lain. Perwakilan dari Perusahaan tidak pernah meminta password Pengguna (User), jika ada email atau komunikasi lainnya yang meminta password Pengguna (User), harap untuk berhati-hati dan kegiatan ini dianggap tidak sah dan mencurigakan.
- Jika Pengguna (User) memberitahukan password kepada pihak ketiga untuk alasan apapun, termasuk pihak ketiga telah berjanji untuk memberikan layanan tambahan seperti agregasi akun, maka pihak ketiga tersebut akan memiliki akses ke akun dan informasi pribadi Pengguna (User), dan Pengguna (User) yang bertanggung jawab atas tindakan yang diambil karena mereka menggunakan password Pengguna (User).
- Jika Pengguna (User) yakin orang lain telah mengakses password Pengguna (User), segeralah ubah password dan segera hubungi Perusahaan
Jika Pengguna (User) memiliki pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini silahkan untuk langsung menghubungi Dering Adira Finance di nomor 1500-511.